Jahiliah atau Ilmiah?


Oleh Iman Supriyono, CEO dan konsultan manajemen senior pada SNF Consulting, http://www.snfconsulting.com

Jahiliah: butuh bukti fisik luar biasa dan diluar nalar (mukjizat, seperti mukjizat banjir bandang jaman Nabi Nuh) untuk meyakini, berbuat atau tidak berbuat sesuatu. Ilmiah: cukup dengan ilmu (dengan karakter prediktif yang melekat padanya) orang sudah bisa yakin, berbuat atau tidak berbuat sesuatu.

Maka, ketika ilmu kedokteran, agama, dan keuangan misalnya menyatakan bahwa merokok itu buruk, orang ilmiah sudah meninggalkan rokok. Ketika ilmu kedokteran menyatakan bahwa olahraga adalah wajib untuk menjaga kesehatan, orang ilmiah sudah langsung disipilin berolah raga. Ketika ilmuwan manajemen menyatakan bahwa menjalankan perusahaan sesuai kurva korporatisasi adalah keharusan, seorang pimpinan perusahaan yang berjiwa ilmiah langsung melakukan proses korporatisasi.

Kapal di tengah hujan deras sebagai ilustrasi suasana banjir bandang jaman Nabi Nuh. Diambil dari http://www.suratkabar.id

Kalau yang masih jahiliah? butuh mukjizat sekelas banjir bandang Nabi Nuh untuk tidak merokok atau disiplin berolah raga atau malakukan korporatisasi.

Bagi Anda yang muslim, ini juga bisa menjelaskan perbedaan antara mukjizat Nabi Muhammad SAW yaitu berupa Al Qur’an (yang berupa teks ilmiah), berbeda dengan mukjizat nabi-nabi terdahulu seperti menghidupkan orang mati pada nabi Isa, dibakar tidak mempan nabi Ibrahim, atau membelah laut pada Nabi Musa. Itulah kenapa Nabi Muhammad SAW selalu disebut mengubah dari jaman jahiliah menjadi jaman terang benderang (ilmiah) di berbagai ceramah, pidato maupun tulisan. Anda bisa menangkapnya kan?

Pingin sukses? Pingin menguasai ekonomi? Pingin ekonomi tidak dikuasai asing? Pingin badan tidak kegemukan? Pingin berkuasa? Pingin masuk surga? Pingin punya perusahaan besar? Atau pingin apa saja? Semua ada ilmunya.

Masalahnya satu saja:
Anda jahiliyah atau ilmiah?

Tulisan ini adalah pengembangan dari tulisan yang diposting di account FB penulis setelah diedit kembali dan diunggah ulang di blog ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s