Untung Berlipat Saat Gonjang-Ganjing Kenaikan Harga BBM: Melawan Arus


Melawan Arus

oleh Iman Supriyono, konsultan pada SNF Consulting, http://www.snfconsulting.com

Suatu malam di Surabaya. Sebagaimana biasa, karena tanki hampir kosong, dalam perjalanan pulang saya mampir ke SPBU. Ada sesuatu yang tidak biasa. Antrian panjang mobil dan motor. Saya coba SPBU yang lain….sama. Antrian luar biasa. Usut punya usut, ternyata malam itu adalah jam jam menjelang kenaikan harga BBM. Maka… masyarkat pun berlomba lomba memadati SPBU untuk mendapatkan bahan bakar dengan harga lama. Harga sebelum naik.

Suasana tidak biasa juga terjadi saat harga BBM akan diturunkan. Para pemilik SPBU berlomba lomba untuk mengosongkan persediaan. Baru akan mengisinya nanti ketika harga telah turun. Harapannya adalah agar tidak menanggung kerugian. Kulakan dengan harga mahal dan kemudian terpaksa harus menjual dengna harga lebih murah sesuai ketentuan pemerintah.

Dua suasana di atas menjadi rumus umum. Selalu begitukah? Belum tentu. Bahkan bisa berbalik. Peter Drucker sebagaimana yang dikutip oleh muridnya Si Cohen punya saran bagus: Apa yang dipikirkan oleh banyak orang belum tentu benar.

Maka…ada seorang pengusaha SPBU di Surabaya yang menerapkan pemikiran maha guru manajemen modern itu. Saat SPBU lain mengosongkan tanki dan menunggu harga turun, ia justru sebaliknya. Selama ini setiap hari SPBUnya bisa menjual sekitar 20 KL BBM. Maka, pada hari menjelang penurunan harga BBM, ia justru memenuhi tanki persediaannya dengan stok 3 kali kebutuhan normal harian. Ia kulakan 60 KL. Berlawanan arus dengan para pemain bisnis SPBU lain.

Apa yang terjadi? Ternyata pemikiran melawan arus ini tepat. Di saat SPBU lain kehabisan BBM karena sengaja mengurangi pembelian stok, SPBU miliknya dipenuhi pelanggan. Tanki berisi 60 KL yang biasanya baru habis dalam waktu tiga hari ludes dalam sehari. Persis pada saat harga bensin turun, stok itu pun habis. Ia meraup laba tiga kali lipat dibanding hari biasa. Laba tiga kali lipat pada saat orang lain labanya turun drastis karena memang sengaja mengurangi stok.

■■■■

Pembaca yang antusias, begitulah dunia bisnis. selalu dipenuhi dengan perubahan perubahan. Selalu dipenuhi dengan gejolak naik dan turun. Harga barang selalu bergejolak. Maka, orang yang pintar dalam bisnis akan selalu bisa memanfaatkan situasi. Saat kenaikan harga ia untung. Saat harga tetap ia juga untung. Bahkan saat terjadi penurunan harga, ia pun untung berlipat.

Yang Anda butuhkan adalah bagaiman berfikir terbalik. Berfikir berbeda dengan apa yang dipikirkan masyarkat umum. Apa yang diyakini oleh masyarakat banyak belum tentu benar. Demikian juga sebaliknya, apa yang ditinggalkan masyarakat banyak belum tentu jelek. Dibutuhkan keahlian untuk bisa membaca situasi. Membaca alur pemikiran para pemain bisnis pada umumnya dalam menanggapi perubahan yang terjadi.

tulisan ini pernah dimuat di situs Indonesia Energy Watch

2 responses to “Untung Berlipat Saat Gonjang-Ganjing Kenaikan Harga BBM: Melawan Arus

  1. Tidak ada aturan,Pedoman,Pegangan untuk sukses dengan Teori ekonomi (Pemasaran) yang mutlak,,
    ” Apa yang dipikirkan orang lain tidak selalu benar atau sebaliknya”
    Inspirasi motivasi tersebut juga tidak mutlak,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s